Jumat, 27 Oktober 2017

SOAL DAN JAWABAN QUIZ HARIAN SENI TABUH

Seni Tabuh

NB: Jawaban yang saya post di bawah ini belum tentu benar, ini hanya pendapat saya pribadi yang mengutip dari berbagai sumber di Internet.

Gong Kebyar

NAMA                   : RESA SIGIT ARDIYANTO
NIM                       : 170030814
KELAS                  : CE173
JURUSAN             : SISTEM INFORMASI
HARI/TGL            : JUMAT/27 OKTOBER 2017

Soal quis (ulangan harian)

1.       Apa yang anda ketahui tentang gamelan gong kebyar? Jelaskan!
Gamelan Gong Kebyar adalah barungan gamelan Bali sebagai perkembangan terakhir dari Gong Gede, memakai laras pelog lima nada, yaitu : nding, ndong, ndeng, ndung, ndang. Didalam permainannya Gong Kebyar sangat mengutamakan kekompakan suara, dinamika, melodi dan tempo.

2.       Jelaskan fungsi dari instrumen dibawah ini ;
a.       Ugal?
Dengan jumlah bilah 10 (sepuluh) buah Dengan susunan nada-nadanya dari kiri ke kanan. 4 5 7 1 3 4 5 7 13 dibaca Ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng,ndung, ndang, dan nding  Instrumen ini dimainkan oleh seorang pemain dengan alat pemukul (panggul). Instrument Ugal dalam barungan berfungsi sebagai pembawa melodi dan memulai sebuah gending yang dibawakan. Selain itu instrument ugal dapat mengendalikan atau  memimpin sebuah lagu untuk pemberian  keras lirih/Nguncab-ngees  Sebuah gending. Beberapa tehnik pukulannya adalah: Ngoret, ngerot, netdet, ngecek, neliti, ngucek, gegejer, oncang-oncangan dan ngantung.
b.      Gangsa?
Instrument Gangsa berfungfi untuk membuat jalinan-jalinan/Kotekan  dalam sebuah gending. Pemberian ilustrasi oleh instrument  ini dapat  memperkuat lagu pokok. Beberapa teknik Gagebug /pukulan yang diterapkan dalam instrument gangsa seperti: teknik pukulan Nyogcag, bebaru, tetorekan, norot, ngoret, niltil, ngucek, oncang- oncangan  Dan lain –lain sesuai dengan kebutuhan gendingnya.
c.       Penyacah?
Dengan bilah sebanyak tujuh buah dengan susunan nada: 1 3 4 5 7 1 3 yang dibaca Ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang. Instrumen Penyacah berfungsi  sebagai pemangku lagu/mempertegas  jalannya melodi (pukulannya lebihrapat dari jublag).secara fisik ukurannya lebih kecil dari instrument jublag. Teknik permainannya sangat melodis pada setiap matra lagu.
d.      Kendang?
Kendang berfungsi sebagai pemurba irama. Disamping itu kendang dapat mengatur tempo, keras liris gending dan lain-lain.beberapa pukulan kendang antara lain: motif  Bebaton, gegulet, jejagulan, bebaturan, gupekan, milpil  , dan lain-lain.
e.       Riong?
Memiliki jumlah Moncol/pencon  Sebanyak 12 buah dengan susunan nada dari nada : 5 7 1 3 4 5 7 1 3 4 5 7 dibaca Ndeng, ndung, ndang,nding, ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, dan ndung, serta dimainkan  oleh  empat orang  penabuh dengan mempergunakan masing-masing dua buah panggul pada tangan kanan dan kiri. Instrument in berfungsi sebagai pemangku melodi.
f.        Instrumen kolotomik?
Adalah sekelompok instrumen yang bertugas atau berfungsi sebagai penyangga irama, pemberi aksen pada ruas-ruas lagu.

3.       Jelaskan gamelan bali menurut penggolongannya, dan berikan contoh masing-masing!

NO
GOLONGAN
CONTOH
1
Gamelan Tua
·         Saron
·         Selonding Kayu
·         Gong Besi
·         Gong Luwang
·         Slonding Bes
·         Angklung Kalentang
·         Gender Wayang
2
Gamelan Madya
·         Pengambuhan
·         Semar pagulingan
·         Pelegongan
·         Bebarongan
·         Joged Pingitan
·         Gong Gangsa Jongkok
·         Babonangan
·         Rindik Gndrung
3
Gamelan Baru
·         Pengarjaan
·         Gong kebyar
·         Pejangeran
·         Angklung bilah 7
·         Joged Bung-bung
·         Gong Suling

4.       Dalam bermain gamelan Bali cendrung mementingkan asas kebersamaan dari pada sifat individual. Coba jelaskan!
Gamelan Bali cendrung mementingkan asas kebersamaan dari pada sifat individual karena gamelan bali mengandung filosofi juga dapat menjadi terapi untuk menuntun manusia kembali ke kehidupan yang harmonis. Tidak hanya dipandang sebagai sekedar alat musik, gamelan memiliki filosofi yang mengedepankan harmonisasi mengandung nilai-nilai kemanusiaan mengenai kebersamaan, kesabaran, dan sopan santun. Bukan menjadi manusia yang individualis.

5.       Jelaskan apa yang anda ketahui tentang konsep system pelarasan (tunning system) dalam gamelan Bali yang disebut dengan Ngumbang Ngisep?

Konsep sistem pelarasan (Ngumbang Ngisep) memiliki ciri-ciri yaitu jika dimainkan secara bersama-sama menimbulkan getaran suara secara berombak. Hal tersebut juga yang menyebabkan kenapa dalam gamelan Bali terdapat instrumen yang pada umum nya selalu dibuat berpasangan (pengumbang x pengisep, lanang x wadon) untuk menimbulkan getaran suara secara berombak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar