Selasa, 31 Oktober 2017

SOAL DAN JAWABAN QUIZ PPTI

Praktikum Pengantar Teknologi Informasi (PPTI)

QUIZ PERTEMUAN 5

Perintah Dasar Terminal Linux Ubuntu 17.04


SOAL :

Jelaskan langkah-langkah secara urut untuk baris perintah Linux berikut ini:
1. Buatlah folder dengan struktur: /home/quiz/VB173/terminal
2. Buatlah 2 buah file dengan nama dan letak sebagai berikut:
  2.a. didalam folder quiz - - > [NIM anda].txt
  2.b. didalam folder terminal - - > [NAMA anda].txt
3. Isilah file [NAMA anda].txt dengan biodata anda masing-masing, kemudian save.
4. Buatlah folder /home/transfer/data, kemudian move file [NIM].txt ke folder ini.

JAWABAN :

1. Membuat folder dengan struktur : /home/quiz/VB173/terminal

Setelah masuk ke terminal ubuntu seperti gambar di atas dan berada di direktori awal, selanjutnya kita pastikan folder/file apa saja yang sudah ada di direktori awal dengan mengetikkan ls.

  • Karena saya sudah memiliki folder home saya akan masuk kedalam folder tersebut dengan input cd home
  • Membuat folder quiz dengan input mkdir quiz dilanjutakan cd quiz untuk masuk folder quiz.
  • Membuat folder vb173 dengan input mkdir vb173 dilanjutakan cd vb173 untuk masuk folder vb173.
  • Membuat folder terminal dengan input mkdir terminal dilanjutakan cd terminal untuk masuk folder terminal.


2.a. Memuat file NIM pada folder quiz


  • Karena sebelumya saya berada di folder terminal, saya akan masuk folder quis dengan input cd /home/quiz
  • Untuk membuat file [NIM saya].txt saya menggunakan input touch 170030814.txt
  • Untuk mengetahui file sudah terbuat saya input ls
2.b. Membuat file NAMA pada folder terminal

  • Karena sebelumya saya berada di folder quiz, saya akan masuk folder terminal dengan input cd /home/quiz/vb173/terminal
  • Untuk membuat file [NAMA saya].txt saya menggunakan input touch ResaSigitArdiyanto.txt
  • Untuk mengetahui file sudah terbuat saya input ls.


3. Mengisi file ResaSigitArdiyanto.txt dengan biodata saya.




  • Input untuk mengisi file dengan perintah nano ResaSigitArdiyanto.txt
  • Kemudian akan tampil halaman seperti berikut:
  • Saya isi data sesuai Bio Data saya
  • Kemudian saya menyimpannya dengan menekan ctrl O kemudian ctrl X untuk keluar
  • Untuk menampilkan file tersebut saya menggunakan input more ResaSigitArdiyanto.txt





4. Membuat folder /home/transfer/data

  • Masuk folder home dengan input cd /home
  • Buat folder transfer dengan input mkdir transfer, kemudian masuk dengan input cd transfer
  • Buat folder data dengan input mkdir data, kemudian masuk dengan input cd data
  • Untuk memindah file [NIM Saya].txt ke folder ini saya inputkan mv /home/quiz/170030814.txt /home/transfer/data/170030814.txt
  • Kemudian input ls untuk memastikan



___________________________________________________________________________
"Tetap semangat belajar untuk Indonesia yang lebih baik"
PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
___________________________________________________________________________








Tidak ada komentar:

Posting Komentar